Bagaimana Menghadapi Kritik Dari Rekan Kerja?

1. Jangan menanggapi kritik secara pribadi. Sebaik apapun Anda sebagai seorang karyawan, tiap orang pasti dapat dikritik. Bersikaplah santai dan tenang dalam menerima tiap kritik.

2. Pahamilah bahwa ada orang-orang tertentu yang memang suka memberikan kritik. Mereka selalu melihat prestasi kerja orang lain dari sisi negatif. Terimalah mereka apa adanya.

3. Orang yang berani memberikan kritik umumnya adalah orang yang pandai dan kreatif. Mereka mampu melihat cara-cara lain untuk melakukan suatu pekerjaan dengan lebih baik tapi mereka sampaikan dengan nada yang negatif. Jangan bersikap defensif karena mereka mungkin dapat memberikan usulan yang sangat berguna bagi Anda.

4. Kadang-kadang seseorang melontarkan kritik hanya sekedar untuk melepaskan kekesalan hatinya. Bila ini yang terjadi, jadilah pendengar yang baik. Mungkin yang mereka keluhkan sebenarnya hanyalah sesuatu yang kurang berarti.

5. Dalam menerima kritik apapun juga, cobalah melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah itu. Bila Anda tak dapat melakukan apapun juga, katakanlah dengan jujur dan berilah perhatian tulus atas usulan/kritik tersebut.

6. Dengarkan tiap kritik dengan seksama. Bila perlu, bertanyalah untuk menyakinkan bahwa Anda telah menangkap kritiknya.

7. Bila kritikan itu sehubungan dengan kesalahan yang memang Anda lakukan: akuilah dengan jujur. Tiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Tidak perlu Anda merasa malu.

8. Bila rekan Anda mengutarakan kritik atau sarannya, berarti mereka memperhatikan Anda. Saat Anda harus kuatir justru bila tidak ada rekan Anda yang mengkritik Anda!

Disadur dari Better Supervision, No. 667
Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul "Bagaimana Menghadapi Kritik Dari Rekan Kerja?"
Share this history on :

0 komentar:

Posting Komentar