Telah Ditemukan Cara Menghentikan Kanker

Para ilmuwan di Amerika telah menemukan bahwa tumor yang tidak menyebar ke bagian tubuh lain mengeluarkan protein yang disebut prosaposin dan tumor metastatik yang menyebar, tidak mengeluarkan banyak protein tersebut. Mereka mengharapkan penemuan ini dapat mengarahkan pada cara pengembangan penanganan yang menghentikan penyebaran kanker.

Penelitian dilakukan oleh tim di Children's Hospital Boston, Massachusetts, dipimpin oleh Dr. Randoph S. Watnick, seorang asisten profesor dalam program biologi vaskuler di rumah sakit tersebut. Temuan ini akan dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

Metastasis adalah penyebaran kanker dari tempat asal ke bagian lain dari tubuh, merupakan satu dari banyak penyebab kematian akibat kanker, sehingga penanganan untuk menghentikannya akan membuat perbedaan besar untuk bertahan. Saat ini, tidak ada pengobatan yang disetujui yang bekerja atas dasar ini.

Watnick dan rekan telah menemukan bahwa tumor metastatik tidak hanya mulai menyebar ke organ lain, mereka menyiapkan 'tempat pendaratan' dengan mengeluarkan protein yang memicu sel-sel tumor untuk tumbuh di tempat barunya dengan melakukan hal seperti menarik pembuluh darah pensuplai makanan. Ketika sel-sel tumor bermigrasi kesana, mereka mendapatkan makanan.

Dalam studi terbaru ini, para peneliti melaporkan suatu protein yang dinamakan prosaposin yang menghentikan penyiapan tempat baru dengan memproduksi senyawa yang menahan pertumbuhan pembuluh darah. Mereka menamukan bahwa tumor tidak menjadi metastatik, tetap menjadi lokal dengan mengeluarkan prosaposin.

para peneliti mengamati sel-sel dari tumor prostat dan payudara yang tidak bermetastasis dan menemukan pengeluaran kadar tinggi prosaposin, dimana sel-sel dari tumor yang menyebar mengeluarkan sangat sedikit prosaposin.

Mereka menyelidiki efek protein lebih jauh dengan melakukan uji di dalam tikus hidup. Mereka menyuntik tikus dengan sel-sel tumor yang mereka ketahui dari penelitian sebelumnya akan menyebar ke organ-organ lain, tapi kali ini mereka juga menambahkan prosaposin ke dalam sel-sel tersebut.

Hasilnya menunjukkan bahwa metastasis tumor paru-paru diturunkan sebesar 80 persen, metastasis nodus limfa secar tuntas dihilangkan (saat kanker menyebar menggunakan nodus limfa sebagai saluran transportasi), dan tikus hidup lebih lama secara signifikan. Ketika mengurangi prosaposin ke dalam sel tumor, metastasis meningkat.

Ketika para peneliti menyuntikkan prosaposin secara langsung ke dalam tikus dibandingkan memasukkannya ke dalam sel-sel tumor sebelumnya, mereka menemukan sel-sel tumor membentuk koloni-koloni lebih kuat di dalam paru-paru. Tikus hidup 30% lebih lama dibandingkan yang tidak menerima prosaposin.

Mengamati mekanisme ini, para peneliti menemukan bahwa prosaposin menstimulasi penekan tumor yang disebut p53 yang ada dalam jaringan sekitar tumor. Hal ini memulai produksi penghambat angiogenesis alami trombospondin-1 yang menghentikan pembentukan pembuluh-pembuluh darah di lokasi sekitar tumor. (reuters)
Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul "Telah Ditemukan Cara Menghentikan Kanker"
Share this history on :

0 komentar:

Posting Komentar