Waspada Efek Negatif Lasik!!!

FDA (The Food and Drug Administration), lembaga pengawas obat dan makanan Amerika Serikat berencana untuk meneliti efek negatif dari operasi lasik. Hal ini dilakukan karena banyak laporan dari pasien yang mengalami mata kering dan pandangan kabur setelah operasi lasik.

FDA akan bekerjasama dengan National Eye Institute dan Departeman Pertahanan untuk mengetahui presentase pasien yang mengalami masalah setelah operasi lasik. Hal pertama yang akan dilakukan adalah memberikan kuisioner secara online untuk mengetahui kondisi kesehatan pasien yang telah dioperasi lasik.

Dalam penelitian ini akan dimasukan juga catatan hasil pemeriksaan pasien secara klinis. Hasil penelitian baru akan disimpulkan pada 2012.

"Penelitian ini untuk mengetahui risiko dari operasi lasik dan mengurangi dampak negatif pada pasien yang sudah menjalaninya," kata Dr. Jeffrey Shuren, kepala FDA bagian medis, seperti vivanews kutip dari AP , 16 Oktober 2009.

Diperkirakan sekitar 6 juta warga Amerika menjalani operasi lasik. Operasi ini untuk mengatasi gangguan penglihatan dengan membentuk kembali kornea mata. Sebenarnya tidak ada jaminan penglihatan akan menjadi normal kembali setalah menjalani operasi lasik serta kemanannya untuk jangka panjang pun dipertanyakan.

Para ahli mata mengungkapkan sekitar 95 persen puas dengan hasil operasi lasik. Tetapi ada juga laporan pasien yang menglami kerusakan permanen pada matanya seperti penglihatan yang kabur, mata kering dan sulit melihat pada malam hari.

FDA akan melihat kembali kasus yang terjadi pada 2008. Sampai saat ini antara 1998 - 2009, mereka mencatat 140 pasien yang mengalami gangguan setelah melakukan operasi lasik di Amerika.

Sumber: www.vivanews.com
Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul "Waspada Efek Negatif Lasik!!!"
Share this history on :

0 komentar:

Posting Komentar