Kisah Tentang Zeus dari Olympus

Zeus, putra bungsu dari Cronus dan Rhea, ia adalah penguasa tertinggi Gunung Olympus dan para dewa Pantheon yang tinggal di sana. Sebagai pemimpin tertinggi, ia menegakkan hukum, keadilan dan moral, dan ini membuatnya menjadi pemimpin spiritual antara dewa dan manusia.

Zeus adalah seorang dewa langit, dan awalnya langit dipuja sebagai dewa oleh suku-suku Yunani. Orang-orang ini datang ke selatan dari Balkan sekitar 2100 SM. Dia selalu dihubungkan sebagai dewa langit, sebagai atribut utamanya adalah petir, ia mengendalikan petir, kilat dan hujan.

Theocritus menulis sekitar 265 SM: “Zeus kadang nyata, kadang-kadang ia hujan”. Dia juga dikenal telah menimbulkan badai. Dalam puisi epik Homer dalam Iliad ia mengirimkan badai melawan musuh-musuhnya. Nama Zeus yang berkaitan dengan kata Yunani Dios, yang berarti “terang”. Atribut yang lain serta kilat adalah tongkat, si elang dan perlindungan (ini adalah kulit kambing Amaltheia).

Sebelum penghapusan monarki, Zeus adalah pelindung raja dan keluarganya. Setelah umur raja-raja Yunani semakin tua ,ketika munculnya demokrasi ,ia menjadi kepala hakim dan pembawa damai, tetapi yang paling penting dewa sipil. Dia membawa perdamaian di tempat kekerasan dan Hesiod (kira-kira 700 SM) menggambarkan Zeus sebagai “penguasa keadilan”. Zeus juga dikenal sebagai “Kosmetas” (orderer), “Soter” (penyelamat), “Polieos” (pengawas polis, kota) dan “Eleutherios” (penjamin kebebasan politik). Tugas-tugasnya dalam peran ini adalah untuk mempertahankan hukum, melindungi pemohon,dan memberikan nubuat (yang tertua dan paling terkenal adalah oracle di Dodona, di Epirus, barat laut Yunani).

Sebagai dewa tertinggi,Zeus mengawasi pelaksanaan kehidupan yang beradab. Tetapi “ayah dari dewa dan manusia” sebagai panggilan Homer , memiliki banyak kisah-kisah mitologis.

Yang paling terkenal diberitahu oleh Hesiod dalam Theogony, tentang bagaimana Zeus merebut kerajaan yang abadi dari ayahnya. Kisah mitologi ini Zeus ‘perjuangan melawan Titans (Titanomachy) telah disebabkan oleh Cronus, setelah ia telah memperingatkan bahwa salah satu dari anak-anaknya akan menggulingkan dirinya. Cronus mengetahui , seperti apa yang telah menggulingkan ayahnya Uranus. Untuk mencegah hal ini terjadi ,Cronus menelan anak-anak Hestia yang baru lahir , Demeter, Hera, Hades dan Poseidon, tapi istrinya Rhea (yang juga saudara perempuannya) dan Gaia ibunya, batu dibungkus kain lampin di tempat bayi Zeus. Cronus berpikir ketika bayi itu lahir, dia akan memakan batu. Sementara Rhea dibawa ke Kreta, dan di sana, di sebuah gua di Gunung Dicte, kambing Amaltheia ilahi menyusuinya dan mengangkat bayi Zeus.

Ketika Zeus telah tumbuh menjadi seorang pemuda, ia kembali , dan dengan bantuan dari Gaia, Cronus dipaksa untuk memuntahkan kelima anak yang telah ia telan(dalam beberapa versi Zeus menerima bantuan dari Metis yang memberi Cronus sebuah ramuan obat emesis, yang membuatnya memuntahkan ’saudara-saudara Zeus). Namun, Zeus memimpin pemberontakan melawan ayahnya dan dinasti para Titan, kalah dan kemudian mengusir mereka. Setelah Zeus punya kendali, dia dan saudara-saudaranya membagi alam semesta di antara mereka: Zeus mendapatkan langit, Poseidon Hades laut dan neraka.

Zeus harus membela kerajaan surgawi-Nya. Tiga serangan terpisah berasal dari keturunan Gaia: mereka adalah Gigantes, Typhon (Zeus melawan mereka dengan guntur-baut dan pengawasan) dan saudara kembar yang disebut Aloadae. terakhir, mencoba untuk mendapatkan akses ke langit dengan menumpuk Gunung Ossa di atas Gunung Olympus, dan Gunung Pelion di atas Gunung Ossa, tapi si kembar masih gagal dalam usaha mereka untuk menggulingkan Zeus. Saat ia lakukan dengan para Titan, Zeus mengusir mereka semua ke “neraka”, yang merupakan wilayah terendah di muka bumi, lebih rendah dari neraka.

Menurut legenda, Metis, dewi kehati-hatian, adalah cinta pertama Zeus. Mula-mula ia sia-sia berusaha melarikan diri dari kemajuan, tetapi pada akhirnya menyerah pada usaha-nya, dan dari serikat mereka Athena dikandung. Zeus yang memperingatkan Gaia Metis akan melahirkan seorang anak perempuan, yang putranya akan menggulingkannya. Mendengar ini Zeus menelan Metis, alasan ini untuk terus membawa anak melalui kelahiran sendiri. Hera (istri dan adik) marah dan sangat cemburu suaminya selingkuh, juga dari kemampuannya untuk melahirkan tanpa partisipasi perempuan. Untuk Meskipun Zeus ia melahirkan Hephaestus parthenogenetically (tanpa dibuahi) dan itu Hephaestus yang, ketika saatnya tiba, membelah kepala Zeus, Athena muncul yang bersenjata lengkap.

Zeus memiliki banyak keturunannya, Hera istrinya melahirkan Ares, Hephaestus, Hebe dan Eileithyia, tetapi Zeus memiliki banyak hubungan dengan baik dewi dan manusia. Dia juga diperkosa mereka, atau digunakan licik berarti untuk merayu gadis-gadis yang tidak curiga. Persatuannya dengan Leto (artinya tersembunyi satu) melahirkan kembar Apollo dan Artemis. Sekali lagi Hera menunjukkan rasa cemburunya dengan memaksa Leto berkeliaran di bumi untuk mencari tempat untuk melahirkan, seperti Hera sudah berhenti padanya dari memperoleh berlindung di pot-firma atau di laut. Satu-satunya tempat dia bisa pergi adalah pulau Delos di tengah Aegea, alasannya adalah bahwa Delos itu, sebagai negara legenda, sebuah pulau terapung.

Selain dewa, ia juga ayah banyak manusia. Dalam beberapa Zeus digunakan Liaisons manusia licik penyamaran. Ketika ia merayu ratu Spartan Leda, ia mengubah dirinya menjadi angsa cantik, dan dari telur yang dihasilkan Leda, dua set kembar lahir: Castor dan Polydeuces dan Clytemnestra dan Helen of Troy. Ia mengunjungi putri Danae sebagai hujan emas, dan dari serikat ini pahlawan Perseus dilahirkan. Dia menculik putri Phoenix Europa, menyamar sebagai banteng, kemudian membawanya di punggungnya ke Pulau Kreta di mana ia melahirkan tiga anak laki-laki: Minos, Rhadamanthys dan Sarpedon. Zeus juga mengambil sebagai kekasih pangeran Troya Ganymede. Ia diculik oleh elang dikirim oleh Zeus (beberapa legenda percaya itu Zeus menyamar sebagai elang). Pangeran itu dibawa ke Gunung Olympus, di mana ia menjadi Zeus ‘cangkir-pembawa.

Zeus juga menggunakan daya pesona dan belum pernah terjadi sebelumnya untuk merayu mereka yang ia inginkan, sehingga ketika Zeus berjanji Semele bahwa ia akan menyatakan dirinya dalam segala kemegahan, dalam rangka untuk menggoda, serikat diproduksi Dionysus, tapi ia hancur ketika Zeus muncul sebagai guntur dan keringanan. Themis, dewi keadilan menanggung tiga Horae, dewi musim kepada Zeus, dan juga tiga Moirae, yang dikenal sebagai Nasib ini. Ketika Zeus punya affair dengan Mnemosyne, ia digabungkan bersama selama sembilan malam berturut-turut, yang menghasilkan sembilan anak perempuan, yang menjadi dikenal sebagai Muses. Mereka dihibur ayah mereka dan dewa-dewa lain sebagai paduan suara surgawi di Gunung Olympus. Mereka menjadi dewa intelektual. Juga tiga Charites atau rahmat yang dilahirkan dari Zeus dan Eurynome. Dari semua anaknya Zeus memberi manusia semua yang diperlukan untuk hidup dalam kehidupan dan moral yang teratur cara.

Zeus memiliki banyak kuil dan upacara untuk menghormatinya, yang paling terkenal dari tempat-tempat suci menjadi Olympia, yang megah “Temple of Zeus”, yang memegang patung emas dan gading Zeus yang bertakhta, diukir oleh Phidias dan dipuji sebagai salah satu “Tujuh Keajaiban Dunia Kuno“. Juga Olimpiade diadakan untuk menghormatinya. The Nemean Games, yang diselenggarakan setiap dua tahun, adalah untuk menghormati Zeus. Ada berbagai festival di seluruh Yunani: di Athena mereka merayakan perkawinan Zeus dan Hera dengan Theogamia (atau Gamelia). Perayaan itu banyak: di semua, Zeus memiliki lebih dari 150 julukan, masing-masing yang dirayakan untuk menghormatinya.

Dalam seni, Zeus biasanya digambarkan sebagai berjenggot, tengah umur tapi dengan tokoh muda. Dia akan terlihat sangat anggun dan mengesankan. Seniman selalu berusaha untuk mereproduksi kekuasaan Zeus dalam pekerjaan mereka, biasanya dengan memberinya berperan sebagai dia akan melemparkan sengatan keringanan. Ada banyak patung Zeus, tetapi tanpa diragukan lagi, Artemisium Zeus adalah yang paling menakjubkan. Itu sebelumnya dianggap Poseidon, dan dapat dilihat di Museum Arkeologi Nasional Athena.

Sumber: http://fenomenous.wordpress.com/2009/11/26/zeus-penguasa-olympus/#more-240
Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul "Kisah Tentang Zeus dari Olympus"
Share this history on :

11 komentar:

Anonim mengatakan...

aku tak percaya

riko mengatakan...

aku juga ga percaya

Anonim mengatakan...

Wow mengesankan sekali sejarah dewa zeus

Unknown mengatakan...

percaya atau tidak itu terserah pada pilihan anda..
namanya juga cerita..?
peace love.

Unknown mengatakan...

cerita . . hak masing nk percaya atau tidak . .

bosar sitorus mengatakan...

Bagaimana dengan hercules?
Bukannya hercules juga anak zeus

Kalau boleh buat artikel tentang hercules dong

bosar sitorus mengatakan...

Bagaimana dengan hercules
Bukanya hercules juga anak zeus

Anonim mengatakan...

kontol lh

Anonim mengatakan...

translatenya kok bikin bingung ya, . . .

Ijulahmed mengatakan...

Luar biasa , sekarang zeus bermain-main di Lets get rich :D ada karakter Zeus 'god of god' naudzubillah sih menurut saya ..

Unknown mengatakan...

Sangat menarik membaca tulisan kayak gini.
Dinikmati saja bukan untuk diperdebatkan.

Posting Komentar