Anjing Mampu Deteksi Diabetes

Sejumlah anjing di Inggris, dilatih khusus sebagai tim penolong untuk mengingatkan penderita diabetes pada saat kadar gula darahnya turun ke level berbahaya. Para ilmuwan mengatakan penciuman anjing yang super sensitif dapat mendeteksi perubahan kecil yang terjadi pada seseorang saat akan mengalami serangan diabetes atau disebut juga hypoglycemic attack.

Menurut survei yang dilakukan beberapa ilmuwan di Queen`s University Belfast, Inggris, baru-baru ini, dari 212 penderita diabetes yang tergantung pada insulin, 65 persen mengaku anjing-anjingnya resah. Ini terjadi beberapa saat sebelum ratusan orang itu mengalami hypoglycemic attack. Hewan yang kerap disebut sahabat terbaik manusia tersebut ada yang menyalak, mengitari, menjilat, dan melakukan tindakan lain terhadap majikannya.

Para penderita yang sadar akan kemampuan anjingnya, kemudian menyerahkannya ke Pusat Penelitian Cancer and Bio-Detection Dogs di Aylesbury, Inggris. Di sana, dari 17 anjing yang menjalani latihan, anjing bernama Tinker resmi dijadikan anjing asisten pendeteksi diabetes.

Kepala Pusat Penelitian Cancer and Bio-Detection, Claire Guest mengatakan metode mendeteksi diabetes melalui anjing dinilai cukup baik. Namun, ia menganggap itu tidak efisien. Guest lebih mengharapkan adanya suatu alat elektronik yang memiliki fungsi serupa dengan hidung anjing.
Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul "Anjing Mampu Deteksi Diabetes"
Share this history on :

0 komentar:

Posting Komentar