Cara Mengatasi Kejenuhan

Siapa yang tidak pernah mengalami kejenuhan? Semua orang pasti pernah. Tak peduli seberapa menyenangkan, menarik, menakjubkan suatu pengalaman atau benda-benda di sekitar kita, pasti akan memudar menjadi kejenuhan. Sepasang kekasih yang saling jatuh cinta, persahabatan yang indah, kelamaan akan menciptakan kejenuhan juga. Cinta yang membara, rindu memuncak, dalam hitungan waktu menghadirkan kejenuhan. Makanan yang lezat, permainan yang heboh, pun sama saja.

Para ilmuwan berusaha menyibak misteri mengapa kita bisa mengalami kejenuhan. “Variasi dalam hidup sangat dibutuhkan agar manusia tidak jenuh, yang bisa dikategorikan sebagai cara kita bertahan agar bisa menikmati hal-hal yang sudah pernah kita lakukan,” papar Jeff Galak, profesor pemasaran di Carnegie Mellon University, Pittsburgh.

Bersama timnya, Galak melakukan eksperimen pada mahasiswanya. Dengan mencoba memikirkan variasi hidup tentang pengalaman menyenangkan yang pernah dialami sata melakukan sesuatu akan “menyembuhkan” kita dari kejenuhan. Dan ternyata itu sungguhan manjur. Misalnya, saat kita mendengar lagu kesukaan kita, kita bisa membandingkan dengan lagu lain, sehingga tak mudah jenuh. Studi ini dipublikasikan di Journal of Consumer Research.

Joseph Redden dari University of Minnesota dan Justin Kruger dari New York University pernah juga melakukan penelitian terpisah mengenai apa yang disebutnya sebagai trik mental.

Mereka melakukan studi pada 91 orang pilot, mayoritas perempuan. Studi ini membuktikan bahwa orang lebih suka bergaul dengan teman dekat setelah memikirkan teman-teman lain yang pernah gaul dengannya. Studi lain dilakukan pada 50 orang mahasiswa, 34 perempuan dan 16 lelaki.Partisipan yang mendengarkan suatu lagu sebanyak 20 kali ternyata lebih menikmatinya lagi tiga minggu kemudian dibanding lagu-lagu lain yang merekadengan dalam kurun waktu itu.

Jadi kalau kita mengalami kejenuhan pada suatu keadaa, lebih baik dicoba untuk mengingat keadaan-keadaan lain yang pernah kita alami sebelumnya.Niscaya kita akan merasa lebih baik. (Livescience)
Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul "Cara Mengatasi Kejenuhan"
Share this history on :

0 komentar:

Posting Komentar