Tuntutan Guru Zaman Sekarang

Dahulu kala guru sosok yang harus dihormati dan dipatuhi. Namun sayangnya, sikap menghormati guru ditunjukkan dengan dengan kepatuhan yang mematikan kreatifitas. Berargumentasi dengan guru dulu boleh dibilang tabu saat itu. Kini zaman berubah guru yang masih menerapkan sistem pembelajaran seperti itu tidak bisa lagi di terima murid zaman kini.

Mengubah cara pandang mengajar memang tidak mudah memerlukan keberanian dan pengorbanan. Hal itu diakui Anggani Sudono MA dihadapan sekitar 50 Guru TK-SD dalam pelatihan pendidikan ”Pembelajaran yang Berpusat pada Anak“ beberapa waktu lalu. Anggani yang berpengalaman mengajar 26 tahun ini menuturkan pengalamannya ketika memutuskan pindah mengajar ke sekolah internasional. Di situ ia mengalami shock budaya.

Jika sebelumya ia melihat murid patuh mendengarkan guru, di sekolah internasional anak-anak demikian bebas menyampaikan aspirasinya kepada guru. “Awalnya saya merasa anak-anak kok pada kurang ajar kepada guru karena selalu di debat,“ katanya maka baru seminggu mengajar ia merasa menyerah menghadapi anak-anak. Sejak itu ia mulai belajar paradigma baru mengajar.

Menurut Anggani Sudono yang harus diketahui dan konsisten dijalankan oleh guru zaman sekarang, selain proses pembelajaran adalah mengenai sarana dan prasarana, serta kurikulum. Anggani melanjutkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik itu guru harus mengerti kebutuhan setiap anak, semua yang dilakukan di kelas harus ada saling menghargai serta memberikan pengalaman mengapresiasi anak.

Selain itu setiap guru hendaknya memahami karakteristik anak didik juga harus menjadikan lingkungan pembelajaran menarik. Untuk itu bisa memanfaatkan yang ada di lingkungan. ”Biasakan membuat anak membaca karena akan mengembangkan kualitas. Dengan budaya membaca dan menulis, anak akan berpikir matematis,” ungkap Anggani.

Pelatihan gratis ini diselenggarakan Komunitas Pelatihan Pendidikan Perguruan Islam Al Izhar Pondok Labu (KPP–PIIPL) bekerjasama dengan Depdiknas Dirjen PMPTK (Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan)

Sumber: http://www.matabumi.com/pendidikan/tuntutan-guru-zaman-sekarang
Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul "Tuntutan Guru Zaman Sekarang"
Share this history on :

1 komentar:

aguz mengatakan...

Tuntutan guru zaman sekarang: "tingkatkan kesejahteraan kami!"

Posting Komentar